ODIXA PHARMA LABORATORIES LAKUKAN GROUNDBREAKING PABRIK OBAT HERBAL DI SENTOLO, KULON PROGO DIY

PT. Odixa Pharma Laboratories akan memulai pembangunan pabrik obat herbal di Yogyakarta. Groundbreaking dilakukan oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG bersama  Direktur PT. Odixa Pharma Laboratories dr. Gideon Hartono di kawasan industri Jalan Yogyakarta –Wates KM 20, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta,  Selasa 23 Agustus 2016. Dalam rangkaian acara tersebut akan dilakukan perataan tanah secara simbolis menggunakan alat berat dan penanaman pohon serta penyerahan bantuan sembako untuk warga sekitar.


Dalam area  seluas 6 ha akan segera dibangun beberapa pabrik obat secara bertahap . Tahap awal adalah pabrik obat herbal kemudian pabrik obat ethical (dengan resep dokter) dan OTC (tanpa resep dokter)  serta  pabrik kosmetika. 


Dalam rencana, pabrik Odixa Pharma akan dibagi menjadi beberapa sarana produksi yang terdiri dari : gedung kantor, gedung produksi dan teknik, laboratorium klinis dan sub klinis, gudang dan sarana pendukung lain seperti tempat pengolahan limbah, lapangan parkir, koperasi, kantin dll.


Odixa Pharma dalam memproduksi obat-obatan dan kosmetika akan bekerja sama dengan berbagai mitra usaha antara lain : Beacons Pharmaceuticals Pte Ltd Singapore  untuk memproduksi obat - obat generik. Bersama dengan Binaragawan Ade Rai untuk memproduksi suplemen makanan penunjang kebugaran badan. Juga bersama Dr. dr. Reza Yuridian Purwoko, SpKK pakar peneliti Biomedik dan Stemcel akan memproduksi kosmetika .


Keinginan dr. Gideon Hartono untuk mendirikan PT. Odixa Pharma Laboratories didorong oleh keprihatinan beliau terhadap beberapa hal, yaitu :

  1. Kondisi kurang dihargainya hasil research/penelitian anak bangsa oleh bangsa Indonesia sendiri,
  2. Alam Indonesia kaya tanaman obat,  merupakan potensi keanekaragaman hayati yang memiliki efek terapeutik namun masih perlu dilakukan saintifikasi,
  3. Mahalnya harga jual obat yang beredar di masyarakat,
  4. Banyaknya produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya bagi kulit,
  5. Banyaknya peredaran obat alami yang mengandung bahan kimia obat (BKO) yang jika dikonsumsi terus menerus dapat memberikan efek samping berbahaya.


Odixa Pharma Laboratories mempunyai misi untuk memproduksi produk-produk kesehatan yang menjadi kebutuhan masyarakat baik di dalam maupun diluar negeri.


Didirikanny­­­a  Odixa Pharma Laboratories ini diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional, terutama dalam usaha meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menyediakan produk obat yang teruji, aman dan terjangkau, serta menyediakan lapangan kerja sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.  


Wilayah Kulon Progo memiliki banyak potensi sumber tanaman obat yang bermanfaat. dr. Gideon Hartono  sebagai  Founder K-24 yang memilki jaringan Apotek di seluruh Indonesia berharap tanaman obat tersebut dapat diolah dengan baik, dikembangkan dan diproduksi oleh Odixa Pharma Laboratories.


Tamanan obat yang akan dikembangkan di wilayah Kulon Progo akan dijaga kualitasnya. Mulai dari  proses tanam sampai panen menggunakan konsep Good Agriculture Practice .  Selain itu potensi keanekaragaman tanaman obat di Kulon Progo akan dijadikan Desa Wisata Herbal sehingga mampu menarik wisatawan .


Hasilnya akan dijadikan produk unggulan yang lebih terjamin mutu dan khasiatnya dan akan didistribusikan di jaringan Apotek K-24 seluruh Indonesia serta di ekspor ke manca negara.