JAGA KESEHATAN PASCA LEBARAN

Sudah menjadi kebiasaan, mereka yang berpuasa sebulan penuh pada Ramadan, seolah habis-habisan menyantap makanan pada saat Lebaran. Padahal, hal itu bisa memicu munculnya berbagai penyakit.


Lalu, bagaimana caranya untuk mengantisipasi berbagai penyakit pasca-Lebaran ?


Hal yang terpenting yakni membatasi makanan yang terlalu asin atau terlalu manis, minumlah air putih yang cukup, apalagi dengan kondisi kemarau pada saat ini. Selanjutnya, kurangi minuman yang dingin dan gorengan yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita. Selain itu, berikut tips sehat mengantisipasi penyakit Pasca Lebaran:


1. Perhatikan makan dan minum terutama kualitas makanan dan minuman tersebut.


2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.


3. Usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk saja. Jika merasa camilan dikonsumsi lebih banyak, maka kurangi nasi saat makan besar.


4. Hindari camilan yang mengandung coklat, keju dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar dua kali lebih banyak dari karbohidrat.


5. Banyak minum lebih dari dua liter per hari.


6. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 kali, yaitu saat makan pagi, siang dan malam, serta di sela-sela makan tersebut.


7. Tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak. Jika Silahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan usahakan lakukan dengan berjalan.


8. Usahakan tidur minimal enam jam.


Dengan tips tersebut diharapkan pada saatnya harus beraktivitas kembali Pasca Lebaran, Anda tetap berada dalam keadaan sehat.


Sumber : Tempo.co