MANFAAT JANTUNG PISANG

Saat mendengar kata pisang, pasti hal umum yang akan kamu konsumsi dari pisang adalah buahnya. Ya, selain memiliki rasa manis yang enak, pisang juga tinggi akan nutrisi sehat seperti kalium yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu secara keseluruhan.

Jantung pisang atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan ontong ternyata punya banyak manfaat sehat lho.

Menyembuhkan anemia
Jantung pisang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral utama untuk memproduksi sel darah atau menjadikan darahmu sehat. Oleh karena itu mengonsumsi jantung pisang bisa membantumu untuk menyembuhkan anemia yang sudah lama kamu derita.

Mengurangi nyeri menstruasi
Kamu sering tersiksa karena nyeri menstruasi? Konsumsilah jantung pisang. Sebab jantung pisang sangat bermanfaat untuk mengurangi gangguan menstruasi seperti nyeri menstruasi, pendarahan yang berlebih, nyeri panggul yang ekstrim selama menstruasi, hingga mengobati siklus menstruasimu yang tidak teratur.

Memperbanyak produksi ASI
Kamu sedang menyusui buah hati? Cobalah untuk memperbanyak konsumsi jantung pisang karena makanan ini bisa meningkatkan produksi air susumu.

Mengendalikan diabetes
Penelitian menunjukkan bahwa makan jantung pisang ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah lho. Sehingga baik untuk mengendalikan diabetes dalam tubuhmu.

Meningkatkan kesehatan rahim
Jantung pisang kaya akan nutrisi sehat seperti zat besi, kalsium, dan tembaga. Ketiga nutrisi ini penting untuk memperkuat dinding rahim dan mencegah infeksi rahim sehingga mampu meningkatkan kesuburan pada wanita.

Meredakan sembelit
Jantung pisang kaya akan serat. Serat ini penting untuk meningkatkan pergerakan usus sehingga mampu meredakan sembelit dan mengeluarkan tumpukan racun dalam usus.

Mengurangi peradangan dalam tubuh
Jantung pisang kaya akan sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Sehingga mengonsumsi jantung pisang bisa mengurangi peradangan akibat maag, nyeri sendi, dan infeksi lainnya.

Itulah manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jantung pisang. Tertarik untuk mengonsumsinya? 

Sumber : merdeka.com