DR. GIDEON HARTONO RAIH ASIA PASIFIC ENTEPRENEURSHIP AWARDS – APEA 2015

Dalam ajang penganugerahan Asia Pacific Entepreneurship Awards VIII tahun 2015, yang diselenggarakan di Hotel JW Marriot Jakarta , Rabu 9 Desember 2015 lalu, CEO sekaligus Founder PT. K-24 Indonesia dr. Gideon Hartono memperoleh anugerah APEA 2015 sebagai Outstanding Category.  Anugerah ini diperoleh Gideon karena prestasinya membangun PT   K-24 Indonesia  sejak tahun 2002 hingga sekarang.


Penghargaan kepada dr . Gideon Hartono ini atas kehadiran bisnis waralaba Apotek K-24 dalam 12 tahun terakhir di Indonesia yang terus berkembang. Hingga saat ini jaringan waralaba Apotek K-24 telah memiliki lebih dari 350 gerai yang tersebar di 96 kota/kabupaten di 23 provinsi di seluruh Indonesia. Dalam mengembangkan usahanya Gideon  memberikan tiga pelajaran. Pertama, kegagalan di satu jalan, bisa diubah menjadi kesuksesan pada jalan yang lain. Kedua, ide dan sistem bisnis unggul bisa terlahir dimana saja (tidak harus di kota besar seperti Jakarta) dan bisa terus dikembangkan jika dilakukan secara profesional dan tersistem dengan baik. Ketiga, bisnis yang sukses dapat diawali dari ide sederhana didukung dengan niat yang mulia.


Setelah sukses membangun Apotek K-24, Pria kelahiran Jogjakarta  52 tahun silam ini terus  berusaha  mengembangkan usahanya dibidang kesehatan,  dan pendidikan. Tahun 2007 dr. Gideon Hartono yang sejak masih muda hingga sekarang memiliki hobby fotografi ini mendirikan laboratorium klinik Hi Lab Diagnostic Center. Kemudian pada tahun 2011 dr. Gideon Hartono mendirikan PT Ka Dua Empat atau KDE yang merupakan perusahaan distribusi farmasi - Perdagang Besar Farmasi (PBF) di Yogyakarta. Tahun 2013 melalui Yayasan Pelita Bangsa alumni Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta angkatan tahun 1990 ini mendirikan SMK Kesehatan Pelita Bangsa di Yogyakarta, kemudian dalam tahun yang sama mendirikan PT Brilian Dinamik Gumilang perusahaan yang bergerak di bidang  teknologi informasi (IT) dan Software Development dengan merek “ Bridge Healthcare System Solution “.  Pada tahun  2014 bersama teman-temannya  dokter spesialis mata mendirikan Klinik Mata Sehati. Th 2015 merintis pabrik obat “ Odixa Pharma Laboratories ”, Klinik Kecantikan “Ergia Klinik Skincare & Research” dan Klinik JKN Plus, Pusat Vaksinasi Dewasa, dan Hemorhoid Center. Ditengah kesibukannya mengelola berbagai usaha di bidang kesehatan dan pendidikan ini  dr. Gideon Hartono juga aktif dalam organisasi sosial dan profesi sebagai Bendahara Palang Merah Indonesia DIY, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Nasional Budya Wacana. Selain itu juga sebagai penasehat  Gabungan Pengusaha Farmasi Daerah istimewa Yogyakarta.


Dr. Gideon Hartono menambahkan bahwa penghargaan ini memberinya motivasi untuk terus mengembangkan usaha dibidang farmasi, kesehatan, dan pendidikan demi terciptanya Indonesia yang semakin maju. Sementara itu bagi para entrepreneur muda dr. Gideon Hartono juga mengharapkan agar terus memiliki visi, kerja cerdas dan terus berinvestasi sehingga bisa membagun dunia usaha yang semakin besar.


Hadir dalam acara itu Sekretaris Kementerian Koperasi  dan UKM Ir. Agus Muharram, MSP. Dalam sambutannya Agus Muharram menghimbau agar para pengusaha terus memberikan rangsangan kepada masyarakat agar memiliki semangat entrepreneur sehingga tercipta iklim usaha yang semakin maju, karena hal ini sejalan dengan visi dan misi Kementerian Koperasi dan UKM.


Asia Pacific Entepreneurship Awards – APEA adalah sebuah penghargaan regional untuk kewirausahaan yang luar biasa. APEA dibangun di atas gagasan bahwa pengusaha agar terus berinovasi dan mempertahankan kepemimpinan mereka. Untuk itu harus ada 3 elemen yang mendukung: benchmark terhadap praktek, pengakuan masa lalu dan upaya saat ini, dan publisitas yang kontinyu dengan adanya  perhatian publik .


Menurut  Dr. Fong Chan Onn, Chairman Enterprise Asia, APEA menyediakan platform yang nyata bagi perusahaan dan pemerintah untuk mengakui dan diakui sebagai keunggulan kewirausahaan. Kegiatan ini guna memacu inovasi yang lebih besar, praktek yang adil dan pertumbuhan kewirausahaan. Sebagai penghargaan regional, APEA akan dapat menyatukan misi pengusaha bersama-sama memimpin di seluruh wilayah, sebagai suara yang kuat bagi pengusaha dan menciptakan kesempatan terbaik  untuk menjadi sebuah jaringan.


Sejak 2007 lebih dari 1200 pebisnis dan pengusaha papan atas  yang berasal dari Malaysia, Indonesia, Brunei, Singapura, Hong Kong, India dan China telah dianugerahi dengan penghargaan yang bergengsi ini.


Menurut Dato William Ng President Enterprise Asia, Program APEA terus berkembang ke negara-negara Asia lainnya. APEA konsen dalam upaya berkelanjutan untuk mengenali dan memberikan penghormatan kepada  orang yang telah menunjukkan semangat kewirausahaan besar dalam memimpin, tumbuh dan memberikan kontribusi kepada organisasi mereka, masyarakat dan negara.


Dengan diraihnya penghargaan APEA 2015 ini selain menambah sederet penghargaan yang diperolehnya selama ini, dr. Gideon Hartono bersama  PT K-24 Indonesia sebagai entepreneur di bidang farmasi, kesehatan, dan pendidikan baik secara lokal, nasional dan internasional berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan kerja samanya selama ini . (*YP)