APOTEK K-24 ADAKAN SEMINAR KESEHATAN GRATIS “MENGUAK RAHASIA KULIT MANGGIS UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASI PENYAKIT DEGENERATIF (DIABETES, JANTUNG, STROKE, KANKER, DLL)”

Sabtu (13/06/15), dalam rangka HUT ke-70 SKH Kedaulatan Rakyat (KR), Apotek K-24 bekerja sama dengan Obat24.com dan KR menyelenggarakan seminar kesehatan gratis yang bertajuk “Menguak Rahasia Kulit Manggis untuk Mencegah dan Mengatasi Penyakit Degeneratif (Diabetes, Jantung, Stroke, Kanker, dll)”. Bertempat di aula Kedaulatan Rakyat, Jl. Margo Utomo 40 – 46 Yogyakarta, acara yang dihadiri oleh ratusan orang peserta itu dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diadakan pukul 10.00 – 12.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00 – 15.00 WIB.


Menghadirkan dua pembicara ahli yaitu Dr. Raffi Paramawati. Msi (Teknolog Pangan dan Pakar Peneliti Kulit Manggis) dan dr. Kumoro Adiatmo (konsultan PT Herbanin, dokter di PT HM Sampoerna dan RS Bhayangkara POLRI Jatim), dalam kegiatan tersebut juga dibagikan 50 botol produk suplemen herbal ekstrak kulit manggis xaNtonin gratis senilai Rp. 4.250.000,- untuk 50 orang peserta yang beruntung.


Acara dibuka dengan sambutan dari Kedaulatan Rakyat yang diwakili oleh Bpk. Baskoro Jati Prabowo (Direktur Produksi KR). Dalam sambutannya, Baskoro menyebutkan bahwa seminar kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian KR terhadap kesehatan masyarakat khususnya Yogya, sesuai dengan tagline KR yaitu “migunaning tumpraping liyan” atau “berguna bagi orang lain”.


Dalam sambutan berikutnya, dr. Gideon Hartono (Direktur Utama PT K-24 Indonesia) menuturkan, kasus penyakit di dunia telah mengalami pergeseran dari penyakit menular ke penyakit tidak menular. Penyakit tidak menular umumnya disebabkan oleh penurunan fungsi organ tubuh karena gaya hidup dan bertambahnya usia (penyakit degeneratif).


Untuk mencegah dan mengatasi penyakit degeneratif, Apotek K-24 mendukung penggunaan obat herbal. Hal ini mengingat Indonesia kaya akan tanaman obat dan resep obat tradisional. Salah satu keanekaragaman hayati yang telah banyak digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun lalu dan terbukti manfaatnya adalah kulit buah manggis.


Di dalam kulit buah manggis memang terkandung komponen aktif yang bersifat antioksidan kuat yang disebut “xanton”. Menurut Dr. Raffi, kemampuan antioksidan xanton dalam kulit manggis yang sangat besar (17.000 – 20.000 ORAC) dan tersusun lebih dari 40 senyawa antioksidan menyebabkan xanton bekerja lebih cepat dalam menangkal radikal bebas. Sehingga, xanton lebih signifikan dalam menjaga kesehatan tubuh.


"Xanton dalam kulit manggis mampu mencegah dan mengatasi penyakit degeneratif seperti stroke, jantung, diabetes melitus tipe 2, kanker, dan juga infeksi berbagai mikroorganisme. Selain itu, xanton dapat mempercepat regenerasi sel sehingga membuat tampilan tubuh lebih awet muda. " ujar Dr. Raffi.


Dikatakan oleh Dr. Raffi, saat ini masyarakat tak perlu repot mengolah kulit manggis untuk mengambil manfaatnya. Karena kini telah banyak dipasarkan suplemen kulit manggis. Di Indonesia sendiri ada lebih dari 50 produk suplemen kulit manggis, baik yang diproduksi secara benar maupun yang diproduksi asal-asalan.


Salah satu suplemen herbal unggulan yang diproduksi dengan benar dan murni berisi ekstrak kulit manggis disebutkan Dr. Raffi adalah “xaNtonin”. dr. Kumoro Adiatmo menambahkan, ia bahkan menyarankan ke sejumlah pasiennya yang menderita penyakit degeneratif parah untuk mengkombinasikan terapi obat medis dengan xaNtonin. “Dan aasilnya sangat memuaskan," katanya.


Melihat manfaat kulit manggis yang begitu besar, dr. Gideon Hartono berharap agar kedepannya dilakukan saintifikasi melalui uji klinis terhadap produk-produk herbal sehingga terstandarisasi dan mendapat pengakuan. "Produk yang diproduksi secara benar tentu akan memberikan manfaat yang besar," imbuhnya.(*)