APOTEK K-24 RAIH PENGHARGAAN GOLD CHAMPION OF INDONESIA WOW BRAND AWARD 2015

Apotek K-24 berhasil meraih penghargaan Gold Champion of Indonesia WOW Brand Award 2015 yang diadakan oleh MarkPlus Inc. untuk kategori Consumer Healthcare Product and Service dengan sub kategori Chain Pharmacy. Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diraih Apotek K-24 setelah tahun lalu juga meraih penghargaan yang sama.


Dalam ajang penghargaan tersebut, Apotek K-24 mengungguli para pesaingnya yaitu Apotek Kimia Farma (silver) dan Apotek Century (bronze). Penghargaan diserahkan langsung oleh Hermawan Kartajaya, Founder & President of MarkPlus, Inc.dan diterima oleh Bapak Marcus Laurentius (Business Development Manager PT K-24 Indonesia) di Hotel The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (25/03).


Indonesia WOW Brand Award merupakan salah satu bentuk penghargaan tertinggi bagi para brand (merek) di Indonesia. Penghargaan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2012 dengan nama “Brand Champion”, kemudian pada tahun 2014 hingga sekarang namanya diubah menjadi “Indonesia WOW Brand”.


Sama dengan tahun 2014, penghargaan Indonesia WOW Brand 2015 diberikan kepada brand-brand yang memiliki nilai BAR (Brand Advocacy Ratio) tertinggi berdasarkan hasil survey perusahaan riset terpercaya MarkPlus Insight. Survey diadakan selama bulan Desember 2014 hingga Februari 2015, dengan melibatkan 1.350 responden dari 18 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Pekanbaru, Padang, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Surakarta, Manado, Jogjakarta, Jayapura, dan Banda Aceh. Riset dilakukan pada produk-produk OTC (Over the Counter) atau obat-obatan yang dapat dibeli tanpa harus menunjukkan resep dokter.


Menurut Taufik (Chief Executive MarkPlus Insight), atribut yang diukur dalam survei ini adalah Brand Advocacy Ratio, yaitu perbandingan antara nilai advocacy spontan terhadap nilai awareness spontan. Idealnya, setiap orang yang mengetahui suatu brand (aware), baik mereka sebagai pengguna ataupun tidak, akan merekomendasikan brand tersebut (advocacy). Apabila jumlah orang yang mengetahui brand sama dengan jumlah orang yang merekomendasikan brand (advokator), maka nilai idealnya adalah 1. Sehingga, bisa jadi brand yang unggul dalam hal awareness belum bisa dikatakan “WOW” selama rasio advokasi mereka rendah.


Rekomendasi sebuah brand oleh konsumen, tidak lepas dari kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap brand tersebut. Oleh karena itu, sebuah brand harus memiliki diferensiasi (perbedaan) yang jelas agar mendapat tempat di hati masyarakat. Diraihnya penghargaan Gold Champion of Indonesia WOW Brand Award 2015 oleh Apotek K-24, membuktikan bahwa Apotek K-24 berbeda dengan apotek-apotek lainnya.


Perbedaan tersebut terletak pada konsistensi Apotek K-24 terhadap konsep lima jaminan pasti, yaitu : jaminan 100% obat asli, beroperasi setiap hari selama 24 jam termasuk pada hari libur, harga obat tetap sama, konsultasi Apoteker gratis, dan inovasi layanan antar. Selain itu, Apotek K-24 juga terus mengembangkan inovasi bisnis melalui apotek online Obat24.com, konsultasi online Halo Apoteker, dan meluncurkan member card K-24. Upaya-upaya tersebut telah menempatkan Apotek K-24 di hati masyarakat sebagai apotek yang berkualitas, terpercaya, dapat diandalkan setiap saat, dan yang pasti pantas untuk direkomendasikan. (*)