KAYA ANTIOKSIDAN, SUPLEMEN EKSTRAK KULIT MANGGIS BERPOTENSI TINGGI JAGA KESEHATAN TUBUH

Sobat Sehat, aktivitas harian yang padat membuat sebagian orang mengabaikan gaya hidup sehat dan tidak memikirkan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Belum lagi sulitnya menghindari polusi udara - salah satu sumber radikal bebas - dimana radikal bebas telah terbukti menjadi biang penyakit degeneratif, seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan stroke. Dua faktor tersebut dapat menjadikan daya tahan tubuh menurun. Namun, jangan khawatir. Kita masih bisa melawannya dengan antioksidan.


Antioksidan bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan, akan tetapi untuk mencukupi kebutuhan antioksidan dalam tubuh diperlukan porsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah besar. Selain itu, cara mengolah yang tidak tepat dapat merusak antioksidan yang terkandung di dalamnya. Nah, sebagai solusi, diciptakanlah produk suplemen makanan seperti suplemen ekstrak kulit manggis.


Kulit manggis telah banyak digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu. Di dalam kulit buah manggis (Garcinia mangostana L.) terkandung komponen aktif bersifat antioksidan, yang disebut xanton atau xanthones. Xanton tersusun lebih dari 40 senyawa antioksidan seperti isomangostin, mangiferin, mangostin, garcinone, dan lain-lain.


'Dari hasil uji laboratorium tes ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity), xanton mempunyai kemampuan antioksidan berkisar pada nilai 17000 – 20000 ORAC per 100 ounce. Angka tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan kemampuan antioksidan yang terdapat dalam tomat (200 ORAC), pisang dan mangga (300 ORAC), anggur (1100 ORAC), apel (1400 ORAC), jeruk (2400 ORAC) dan strawberry (2600 ORAC). Pendek kata, hal ini membuat kemampuan antioksidan xanton bekerja lebih cepat dan lebih signifikan dalam menjaga sistem imun dan stamina, termasuk mencegah penyakit degeneratif dan penyakit akibat mikroorganisme. 


Suplemen ekstrak kulit manggis tersedia dalam bentuk jus, seduhan, dan kapsul. Namun, tidak semuanya murni berisikan esktrak. Beberapa suplemen mungkin hanya berisi tepung kulit manggis. Sangat disayangkan, di mana manfaat antioksidan yang diharapkan menjadi tidak maksimal. Lain halnya dengan xaNtonin . 


xaNtonin terbuat dari kulit manggis pilihan (dengan tingkat ketuaan tertentu), tanpa penambahan zat lain, dan diekstraksi secara maserasi menggunakan pelarut khusus pada tekanan vakum suhu rendah. Kualitas kulit manggis dan kondisi proses ekstraksi dijaga untuk mendapatkan ekstrak xanton berkualitas tinggi. Hasil pengamatan aktivitas antioksidan (uji dengan metode DPPH) xaNtonin adalah nilai IC50 22 µ/mL, atau kategori sangat kuat (<50 µ/mL).


Dengan mengkonsumsi xaNtonin, Anda akan memperoleh beberapa manfaat, antara lain membuat sehat dan awet muda karena kemampuannya menetralisir radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, serta membantu tidur lebih nyenyak sehingga badan lebih segar ketika bangun pagi dan stamina pun tetap terjaga. Secara kasat mata, perubahan akan nampak setelah mengkonsumsi xaNtonin secara rutin lebih dari 3 bulan.


Manfaat lainnya yaitu membantu mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, memperbaiki kondisi pasien diabetes mellitus tipe II, melawan infeksi mikroorganisme dengan mematikan bakteri (antimicrobial), jamur (antifungal), dan menghambat replikasi virus (antiviral) penyebab penyakit. Hal tersebut telah dibuktikan kebenarannya oleh berbagai penelitian ilmiah.


Sebagai tambahan, berikut kami bagikan tips bagaimana membedakan kapsul berisi ekstrak kulit manggis atau tepung kulit manggis :


1. Buka kapsulnya, ambil sejumput serbuk / isinya. Letakkan serbuk / isi di antara dua jari tangan dan gesek-gesekkan. Bila terjadi perubahan warna mengarah ke merah ungu, berarti suplemen tersebut berisi tepung kulit manggis, bukan ekstrak. Hal ini disebabkan karena kandungan flavonoid (pemberi warna merah ungu pada kulit manggis) masih aktif. Jika suplemen tersebut murni berisi ekstrak, maka serbuk isi kapsul tidak akan berubah warna ketika digesekkan.


2. Gunakan indra penciuman Anda. Suplemen yang murni berisi ekstrak tidak akan berbau saat dicium karena tidak ada penambahan bahan lain.


xaNtonin bisa Anda beli di gerai Apotek K-24 terdekat atau pesan secara online di apotek online kami Obat24.com  . Namun, bila Anda menderita penyakit tertentu atau sedang menjalani pengobatan, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini.


Salam Sehat. (*)