JALAN KAKI BARENG TEMAN ATAU KELUARGA KURANGI RESIKO STROKE & KANKER

Sobat sehat, banyak orang telah mengetahui bahwa berolahraga secara rutin dapat menyehatkan tubuh dan mencegah berbagai gangguan kesehatan. Namun, hal tersebut tak mudah dilakukan oleh sebagian orang. Salah satu alasan mengapa orang malas berolahraga adalah karena mereka malas berolahraga seorang diri. Olahraga seorang diri dianggap sangat membosankan, sehingga semangat untuk berolahragapun berkurang. Andakah salah satunya?


Fenomena malas berolahraga seorang diri memang ada benarnya. Dilansir di Medical Daily, sebuah penelitian dari University of East Anglia, Norwich, Inggris baru saja melakukan review terhadap 42 studi yang melibatkan 1.843 partisipan dari 14 negara. Partisipan terdiri atas orang-orang sehat dan sebagian lainnya merupakan penderita obesitas, pengidap penyakit jantung, diabetes tipe 2, fibromyalgia, ataupun Parkinson. Peneliti yang terdiri dari Sarah Hanson dan Prof Andy Jones itu meminta seluruh partisipan yang terlibat untuk secara rutin melakukan olahraga jalan kaki secara berkelompok.


Oleh peneliti, kondisi partisipan penderita penyakit-penyakit tertentu dibandingkan dengan partisipan yang sehat. Dari situ, terlihat bahwa partisipan yang bergabung dalam kelompok saat berjalan kaki cenderung mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan, termasuk lemak tubuh, berat badan, hingga kolesterol. Bahkan kemampuan paru-paru, fungsi fisik, dan tingkat kebugaran mereka meningkat. Mereka juga terlihat tidak lebih depresi daripada sebelum memulai rutinitas jalan kaki. Temuan ini membuktikan bahwa berjalan kaki secara berkelompok dapat mengurangi risiko berbagai penyakit mematikan, di antaranya stroke, penyakit jantung koroner, depresi, hingga kanker.


Dapat disimpulkan, berolahraga bersama beberapa orang memberikan manfaat yang lebih besar daripada berolahraga sendirian. Mengapa demikian? Dalam penelitiannya Hanson mengutarakan bahwa dengan berjalan kaki secara berkelompok, seseorang akan cenderung berjalan kaki dengan kecepatan lebih tinggi dan lebih jauh ketimbang ketika mereka berjalan kaki seorang diri. Mereka yang berolahraga secara berkelompok juga cenderung lebih memiliki pandangan yang positif terhadap aktivitas fisik, dan yang tak kalah penting, mereka tidak begitu merasa kesepian.


Nah, Sobat Sehat, berjalan kaki secara berkelompok tak harus dilakukan dengan kbomunitas atau menunggu diadakannya event jalan sehat, lho. Anda bisa melakukannya di waktu senggang bersama dengan keluarga atau teman-teman. Salam Sehat :)



* Sumber foto : www.smp.med.ubc.ca