PELATIHAN CUSTOMER SERVICE EXCELLENT, BENTUK KEPEDULIAN PT K-24 INDONESIA TERHADAP LAYANAN PELANGGAN

Rabu (8/10) dan Kamis (9/10) lalu, PT K-24 Indonesia bekerja sama dengan Sanofi mengadakan pelatihan Customer Service Excellent (CSE) dengan pembicara Bp. Bambang Ahadiat (Training Manager dari Key Institution Strategy Support / KISS - Sanofi). Bertempat di Hall Lt. 2 K-24 Academy, Jl. Tambak Kav-24, Kasihan, Bantul, DIY, pelatihan tersebut diikuti oleh 111 orang peserta (hari Rabu 59 peserta dan hari Kamis 52 peserta) yang terdiri dari associate PT K-24 Indonesia, Hi Lab Diagnostic Center, Ergia Klinik, dan Apoteker Apotek K-24 area Jateng dan DIY.



Customer merupakan sumber informasi dan sumber pendapatan suatu perusahaan. Tanpa customer suatu bisnis tidak akan berkembang. Customer dengan segala informasinya dapat membantu perusahaan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen. Melalui customer pula, informasi dan rekomendasi perusahaan bisa menyebar. Dan tentu saja, loyalitas customer untuk menggunakan produk atau jasa menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan.


Tidak ada satupun customer yang ingin mendapatkan pelayanan yang buruk atau pengalaman yang tidak menyenangkan. Keputusan customer untuk kembali lagi menggunakan produk / jasa amat ditentukan oleh seberapa baik dan nyamannya mereka diperlakukan oleh penjual. Oleh karena itu, CSE memiliki peranan yang amat penting. Dengan CSE, perusahaan dapat meningkatkan angka penjualan melalui loyalitas customer, memberikan citra yang baik kepada customer ataupun calon customer potensial, dan pada akhirnya mampu meningkatkan rekomendasi perusahaan sebagai “perusahaan terbaik” di bidangnya.

 

Bergerak di bisnis apotek waralaba dan telah memiliki lebih dari 330 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, PT K-24 Indonesia menyadari betul peranan CSE. Maka dari itu, PT K-24 Indonesia secara berkelanjutan terus memberikan pelatihan CSE bagi para associate K-24. Pelatihan-pelatihan tersebut antara lain : pelatihan Service Excellent & Handling untuk staf franchisor  (23 & 30/05/2014), refresh training bagi associate outlet area Semarang (23/07/2014), area Yogya, Kebumen, Magelang, Klaten, Solo (15/08/2014), area  timur (28/08/2014), dan yang terakhir ini diadakan adalah pelatihan CSE (8 & 9/10/2014).

 

Tujuan diadakannya pelatihan ini secara umum adalah untuk meningkatkan kerjasama antara PT K-24 Indonesia dengan Sanofi. Sedangkan secara khusus, dengan diadakannya pelatihan CSE diharapkan associate K-24 dapat melayani customer dengan baik. Bukan sekedar customer di gerai / outlet saja, tetapi juga berlaku bagi customer di kantor (franchisor).

 

Dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan materi mengenai hubungan dunia usaha dan konsumen, bagaimana cara mengidentifikasi kebutuhan konsumen, bagaimana teknik komunikasi yang baik, dan bagaimana melakukan pelayanan yang prima. Selain itu, untuk menambah pengetahuan para peserta mengenai penyakit dan tata laksananya, disampaikan pula materi mengenai Rhinitis Alergi oleh dr. Tedjo Oedono, Sp. THT dari RS Bethesda Yogyakarta.


Semua pebisnis tentu menginginkan bisnis yang dimilikinya mampu berkompetisi dan eksis dalam jangka waktu yang panjang. Hal inilah yang diharapkan PT K-24 Indonesia melalui berbagai program pelatihan CSE. Dengan menerapkan CSE sebagai bagian dari winning strategy, PT K-24 Indonesia berharap bisnisnya tetap eksis dan dapat  terus melayani masyarakat Indonesia di bidang kesehatan & penyediaan obat. (*)