APOTEK K-24 RAIH PENGHARGAAN GOLD CHAMPION OF INDONESIA WOW BRAND AWARD 2014

Rabu, 25 Juni 2014, Apotek K-24 meraih penghargaan Gold Champion of Indonesia WOW Brand Award 2014 yang diadakan oleh MarkPlus Inc. untuk kategori Consumer Healthcare Product and Service dengan sub kategori Chain Pharmacy. Dalam ajang penghargaan tersebut, Apotek K-24 mengungguli para pesaingnya yaitu Apotek Kimia Farma (silver) dan Apotek Century (bronze). Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BPOM RI Dr. Roy Alexander Sparringa, M.App.Sc, dan diterima oleh Bapak Marcus Laurentius (Business Development Manager K-24) di Ballroom 2, JS Luwansa Hotel & Convention Centre.


Indonesia WOW Brand Award merupakan salah satu bentuk penghargaan tertinggi bagi para brand (merek) di Indonesia. Penghargaan Indonesia WOW Brand 2014 diberikan kepada brand-brand yang memiliki BAR (Brand Advocacy Ratio) tertinggi berdasarkan hasil riset oleh perusahaan riset terpercaya MarkPlus Insight di beberapa kota besar di Indonesia  


Survei yang diadakan selama bulan Februari - Maret 2014 ini, melibatkan 2000 orang responden dengan rentang usia 15 sampai 60 tahun. Survei dilakukan di 18 kota di Indonesia mulai dari ujung Barat Indonesia seperti Aceh, Medan, hingga Padang, di Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga ujung Timur seperti Manado dan Papua. Adapun kriteria untuk responden tersebut adalah konsumen dan pembuat keputusan untuk membeli brand-brand terkait dengan pengeluaran setiap bulannya di atas Rp 1 juta.


Menurut Farid Subkhan (Chief  Executive MarkPlus.Inc), konsep Indonesia Wow Brand 2014 kali ini agak berbeda dengan Brand Champion Award pada tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya adalah pada parameter pengukuran. Dulu, popularitas suatu brand hanya diukur dari tingkat awareness (keterkenalan / popularitas) dan appealing (ketertarikan).  Pada tahun ini, yang diukur bukan hanya itu, tetapi bagaimana brand tersebut dapat mengubah awareness menjadi advocates (rekomendasi). 


Dengan kata lain mengubah orang yang sekadar tahu menjadi advokator yang selalu merekomendasikan brand tersebut kepada orang lain. Maka dari itu, para pemenang Indonesia WOW Brand 2014 adalah brand-brand yang memiliki nilai tertinggi untuk BAR (Brand Advocacy Ratio) yang merupakan rasio antara nilai advocacy spontan terhadap nilai awareness spontan. Nilai yang paling ideal adalah 1, yang berarti jumlah orang yang mengetahui brand sama dengan jumlah orang yang merekomendasikan (advokator) brand.


Rekomendasi sebuah brand oleh konsumen, tidak lepas dari kepercayaan dan loyalitas konsumen yang tinggi terhadap brand tersebut. Oleh karena itu, sebuah brand harus memiliki diferensiasi / perbedaan yang jelas agar mendapat tempat di hati masyarakat. Selain mendukung penghargaan-penghargaan sebelumnya, diraihnya penghargaan Gold Champion of Indonesia WOW Brand Award 2014 oleh Apotek K-24 ini membuktikan bahwa Apotek K-24 berbeda dengan apotek-apotek lainnya. Hal ini terkait dengan Lima Jaminan Pasti yang ditawarkan oleh Apotek K-24 yaitu : jaminan 100% obat asli, beroperasi setiap hari selama 24 jam termasuk pada hari libur, harga obat tetap sama, konsultasi Apoteker gratis, dan inovasi layanan antar. 


Lima jaminan pasti tersebut telah menempatkan Apotek K-24 di hati masyarakat sebagai apotek yang berkualitas, terpercaya, dapat diandalkan setiap saat, dan yang pasti pantas untuk direkomendasikan. (*)