OBAT BISUL

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Saya sering bisulan di daerah pantat,bisul kecil2 tapi lebih dari 1 dan bernanah,obat apa yang harus saya gunakan?terimakasih

Jawaban tentang "Obat Bisul"

Dear Sdri. Dessy,


Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

 

Bisul merupakan kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan karena infeksi bakteri. Infeksi tersebut dapat timbul karena kondisi kulit yang terlalu lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, bisul dapat disebabkan karena alergi pada makanan tertentu -terutama yang berlemak atau karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh.


Daerah pantat merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena selalu tertutup. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kelembaban di area tersebut, antara lain : aktifitas fisik dan suhu lingkungan (yang berhubungan dengan produksi keringat), berat badan (berat badan yang berlebih), dan jenis bahan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Kulit yang lembab akan menjadi sarana yang baik untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.


Untuk pengobatannya sendiri, tergantung pada ukuran dan tingkat keparahan bisul. Bila ukurannya kecil, cukup dengan mengoleskan salep antibiotik saja. Ketika bisul tersebut pecah, anda dapat mencuci bisul tersebut dengan air bersih kemudian mengompresnya dengan cairan antiseptik ± 3-4 kali sehari untuk membersihkan nanah dan jaringan mati yang menempel di kulit. Sedangkan, untuk bisul yang berukuran besar hingga membentuk abses atau nanah, bisul tersebut harus ditutup dengan kassa steril yang telah diberikan salep antibiotik.


Tindakan insisi dan pengeluaran nanah juga dapat dilakukan untuk bisul yang berukuran besar dan dalam. Namun untuk menjalani prosedur tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat. Jangan pernah memecahkan bisul dengan cara dipencet, karena hanya akan membuat bisul dan kulit semakin terinfeksi dan meninggalkan bekas.


Selain itu, jaga selalu kebersihan diri anda untuk mencegah timbulnya bisul dengan mandi 2 kali sehari menggunakan sabun antiseptik. Konsumsi makanan sehat yang cukup gizi dan banyak minum air putih juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Produk terkait :


Dettol liquid, Asepso Clean Soap Asepso Fresh Soap , Kasa Steril DRC , Rivanol , Ichtyol Salep

 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR