SALEP UNTUK EKSIM KERING MENAHUN

Kini, konsultasi obat bisa dilakukan di rumah. Sebagai Sobat Sehat masyarakat Indonesia, Apotek K-24 menyediakan layanan Halo Apoteker yang memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi obat dari rumah. Berbagai pertanyaan dan konsultasi mengenai obat serta masalah kesehatan bisa disampaikan melalui Halo Apoteker. Semua pertanyaan akan dijawab oleh apoteker-apoteker handal dan profesional dari Apotek K-24. Temukan juga jawaban yang Anda inginkan di berbagai kategori keluhan yang tersedia. Segera sampaikan pertanyaan Anda, dan apoteker kami akan menjawab.

Dengan Hormat,

Saya mengalami gatal gatal pada kaki, kemungkinan eksim

Bisa dibantu untuk obat atau salep yang bisa mengurangi gatal tersebut

Atas info nya terima kasih

Jawaban tentang "Salep Untuk Eksim Kering Menahun"

Dear Bp. Miftahul,

Terima kasih atas pertanyaan yang anda ajukan kepada Halo Apoteker.

Berdasarkan penyebabnya, eksim atau dermatitis atopik terdiri dari berbagai macam, ada eksim alergi, eksim bawaan, eksim akibat stres, atau eksim karena kontak dengan bahan iritan seperti zat kimia, zat pelarut, sabun, deterjen, parfum, produk perawatan kulit,  dan lain-lain.

Untuk mengurangi gatal pada eksim, dapat diberikan obat golongan antihistamin dan antialergi. Selain itu, juga dapat diberikan  krim atau salep dengan kandungan kortikosteroid. Apabila anda menggunakan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid, sebaiknya oleskan setipis mungkin hanya pada bagian yang membutuhkan saja.

Eksim yang sudah mengalami perubahan warna dan sudah kering perlu diberi obat yang berefek keratolitik dulu. Bila sudah bersih benar, baru diberi obat topikal yang berefek pada eksim saja. Pada eksim yang telah mengalami infeksi sekunder bakteri atau kuman dan / atau jamur, kadang perlu diberi juga obat oral atau suntikan terutama bila eksim telah meluas.

Akan tetapi, sebelum menggunakan produk-produk tersebut, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan diberikan terapi pengobatan yang tepat.

Perawatan yang dapat anda lakukan untuk mencegah kambuhnya eksim, antara lain : apabila kulit anda termasuk jenis kulit kering atau mudah mengalami eksim, sebaiknya gunakan produk kulit yang berlabel hipoalergenik, gunakan sabun yang bersifat ringan (mild), mandi atau berendam 1-2 kali sehari (jangan terlalu sering dan jangan gunakan air panas agar kulit tidak semakin kering), gunakan pelembab khusus agar kulit tidak terlalu kering, jangan menggunakan pakaian yang terbuat dari wol dan hindari kontak dengan zat-zat iritan seperti deterjen, dan lain-lain, kenali dan kendalikan stres emosional, cuci pakaian dengan deterjen yang bersifat ringan (mild detergent, tanpa zat pemutih atau pelembut pakaian), dan sedapat mungkin jangan menggaruk atau menggosok kulit karena dapat menyebabkan kulit menebal dan berwarna lebih gelap, serta mudah mengalami komplikasi.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Produk terkait :

Antihistamin & antialergi : Bestalin 25 mg Tab

Pengobatan eksim : Ikaderm o,o5% CR 10 G Ikaderm 0,05% oint 10 G Apolar CR 10 G Kloderma Oint 10 G 0,05%

Lotion / pelembab mild : Noroid Lotion 200 ml

Lotion / pelembab mild & hipoalergenik :Physiogel Lotion 200 ml 

KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

TAMBAH KOMENTAR

Sinta lestari

Saya mau nanya dok telapak tangan saya keriput sering kelupas kulitnya dan kering udah menahun , obaat apa yang bagus untuk penyakit exsim saya dok? sudah perisah ke dokter tapi belum ada hasilnya juga

06 Mar 2015 08:04
Admin

Salam sehat Sdri. Sinta,
Sebagai informasi, rubrik ini diasuh oleh Apoteker Apotek K-24. Jawaban yang disampaikan hanya bersifat informatif dan tidak dapat menggantikan diagnosa dokter.
Seperti yang kami sampaikan pada ulasan di atas, untuk mengatasi telapak tangan keriput, kering, serta sering terkelupas, anda dapat menggunakan pelembab. Ada baiknya jika pelembab yang digunakan adalah pelembab yang hipoalergenik. Untuk pengobatannya, perlu diketahui terlebih dahulu untuk penyebab eksim yang terjadi. Konsultasikan kembali kondisi kulit anda dengan dokter spesialis kulit yang berkompeten dalam bidangnya, agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan terapi pengobatan yang tepat.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

07 Mar 2015 01:24