TEH BUNGA TELANG, TEH AJAIB DENGAN BANYAK KHASIAT

Tanaman herbal selalu menjadi alternatif yang menarik bagi Anda yang ingin sehat tanpa bahan kimia. Sampai sekarang, banyak sekali bahan alami yang menjadi pilihan untuk hidup lebih sehat. Salah satu terobosan baru yang bisa anda coba untuk menyehatkan badan adalah teh herbal yang terbuat dari bunga telang (Clitoria ternatea). Bunga yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, bahkan terkadang dikira sebagai tanaman liar. Perlu Anda ketahui, meskipun dikenal sebagai bunga liar, sesungguhnya bunga telang memiliki banyak manfaat.

 

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bunga telang bisa diolah menjadi teh herbal dengan cara yang sangat sederhana. Bunga yang memiliki kelopak seperti kupu-kupu ini tidak memerlukan proses lama untuk diolah menjadi teh herbal. Anda hanya perlu menjemur beberapa tangkai bunga telang hingga kering. Setelah kering, Anda bisa menyeduhnya dengan air panas atau merebusnya. Keajaiban akan terjadi setelah bunga tersebut diseduh. Air yang tadinya bening akan berubah menjadi biru. Oleh karena itu, teh herbal ini sering dikenal juga sebagai teh biru.

 

Anda bisa meminum teh biru tersebut tanpa imbuhan apapun. Teh biru tersebut tidak berasa namun memiliki aroma tumbuhan. Apabila Anda kurang suka dengan rasa aslinya, Anda juga bisa menambahkan gula atau madu. Keunikan muncul lagi saat Anda menambahkan gula. Teh telang yang tadinya berwarna biru akan berubah menghijau. Jika ingin menghilangkan aroma tumbuhannya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Saat jeruk nipis ditambahkan, teh yang tadinya berwarna kehijauan kini berubah lagi menjadi berwarna ungu. Ajaib bukan?

 

Selain keunikan warnanya, teh bunga telang memiliki banyak manfaat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shyamkumar dan Bhat Ishwar, bunga telang terbukti mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan penuaan dini. Selain itu, teh bunga ini juga bisa menjadi anti peradangan. Shyamkumar juga menambahkan bahwa bunga ini bisa juga menjadi anti nyeri atau analgesic. Teh bunga telang sudah populer di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand. Bahkan, di Inggris, teh ini juga populer dengan nama butterfly pea tea atau blue tea. Nah, jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

 

Sumber: http://www.irjponline.com/admin/php/uploads/935_pdf.pdf