6 CARA MINUM OBAT TBC YANG BENAR AGAR PROSES PENGOBATAN BERJALAN OPTIMAL

Tuberkulosis atau yang sering disebut dengan TBC adalah salah satu penyakit menular yang berbahaya dan membutuhkan pengobatan yang ketat. Sebab, jika Sobat Sehat salah dalam proses pengobatan ini, penyakit TBC bukan sembuh tapi justru akan tambah parah. Oleh karena itu, bagi Sobat Sehat yang terkena penyakit harus tahu bagaimana cara minum obat TBC yang benar.

Komplikasi TBC sendiri cukup berbahaya karena apabila tidak ditangani dengan tepat penderita bisa berakhir pada kematian. Hal ini membuat pemerintah membentuk program penanggulangan tuberkulosis secara berkesinambungan. Harapannya, dengan langkah ini jumlah kematian akibat TBC bisa terus menurun.

Cara Minum Obat TBC yang Benar Menurut Kemenkes RI

Meski penyakit yang berbahaya tapi penderita TBC bisa disembuhkan secara total asal Sobat Sehat mau mengikuti tahapan pengobatan dengan bijak. Selain membutuhkan kedisiplinan, proses pengobatan TBC biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 6-9 bulan.

Lamanya waktu pengobatan dan banyaknya variasi obat membuat banyak penderita tidak disiplin. Padahal, hal itulah yang membuat proses pengobatan menjadi tidak efektif dan menyebabkan penyakit TBC semakin berbahaya.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI memberikan beberapa cara minum obat TBC yang benar agar penderita bisa sembuh total, di antaranya:

Minum Obat pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat minum obat adalah waktunya. Umumnya minum obat ini bisa dilakukan 2-3 kali tiap hari, tergantung dosis obat yang diberikan dokter. Nah, waktu untuk minum obat ini harus dilakukan pada waktu yang sama setiap harinya.

Misalnya, Sobat Sehat minum obat pada pukul 7 pagi, maka besoknya juga harus minum pada jam tersebut. Namun, pastikan Sobat Sehat minum obat sesuai aturan yang sudah diberikan dokter, ya.

Buat Pengingat Minum Obat di Gadget

Nah, melihat ketatnya jadwal minum obat terkadang membuat banyak orang lupa kalau tidak terbiasa. Maka dari itu, Sobat Sehat bisa memanfaatkan fitur pengingat atau alarm pada gadget yang dimiliki. Hal ini untuk menghindari kelupaan minum obat.

Catat Durasi Pengobatan

Cara minum obat TBC yang benar selanjutnya adalah dengan memantau rutinitas proses pengobatan, seperti kapan waktu obat habis dan kapan waktu untuk kembali berkonsultasi dengan dokter. Sama seperti sebelumnya, jika Sobat Sehat sering lupa lebih baik buat catatan untuk mengingat tanggal pengobatan.

Jika Bisa Minta Bantuan pada Orang Terdekat

Selain membiasakan disiplin terhadap diri sendiri, penderita TBC juga bisa meminta bantuan pada orang terdekat seperti teman atau keluarga yang dipercaya untuk mengingatkan proses pengobatan. Jadi, tidak hanya pengingat dari gadget tapi juga ada pengingat dari orang terdekat.

Menunjuk Orang Terlatih sebagai Pengawas Minum Obat (PMO)

Memiliki Pengawas Minum Obat (PMO) menadi cara minum obat TBC yang benar yang selanjutnya. Selain mengingatkan jadwal minum obat, PMO juga bertugas memantau apakah obat yang dikonsumsi efektif membunuh bakteri penyebab TBC. Sebab, jika obat yang diminum tidak tepat, maka obat tidak bisa membunuh bakteri secara optimal.

Simpan Obat di Tempat yang Mudah Terlihat

Nah, ada cara lain agar Sobat Sehat tidak lupa untuk meminum obat TBC, yaitu dengan menyimpan obat dalam kotak yang mudah dijangkau. Jadi, saat Sobat Sehat mudah dalam melihat kotak obat, harapannya dapat mengingatkan untuk minum obat dengan cepat.

Itu dia cara minum obat TBC yang benar dari Kemenkes RI yang mungkin bisa dilakukan oleh penderita. Oh iya, apabila Sobat Sehat butuh mencari obat yang telah diresepkan dokter untuk melawan bakteri, bisa langsung datang ke Apotek K-24 terdekat.

Tidak hanya buka 24 jam, sama seperti huruf K pada namanya, Apotek K-24 juga Komplit Obatnya sehingga siap melayani masyarakat yang membutuhkan obat apa saja. Yuk, jaga kesehatan tubuh bersama Apotek K-24!