PEKAN IMUNISASI DUNIA 2014

Pekan Imunisasi Dunia dirayakan pada minggu terakhir bulan April, bertujuan untuk mempromosikan salah satu upaya yang paling efektif di dunia untuk kesehatan yaitu  penggunaan vaksin untuk melindungi orang-orang dari segala usia terhadap penyakit menular. Tema “Are you up-to-date ?” digulirkan untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan masyarakat, mengenai manfaat dari pemberian vaksinasi.  Dari Tema “Are you up-to-date ?” ini, diharapkan masyarakat akan melakukan tiga gerakan  yaitu : Know – Check – Protect, (Ketahui, Periksa, dan Lindungi).


Vaksin saat ini merupakan gaya hidup, jika anda dan keluarga anda tidak mendapatkan vaksinasi yang lengkap berarti anda ketinggalan jaman, tidak up-to-date, Mari kita dukung pekan imunisasi dunia, ketahui, periksa dan lindungi keluarga anda terhadap penyakit menular dengan vaksinasi.


Know

Mengetahui vaksin apa saja yang dibutuhkan oleh diri sendiri dan keluarga , merupakan langkah awal yang baik untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari serangan – serangan bakteri atau virus penyebab penularan penyakit. Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini di Indonesia terdapat delapan jenis penyakit yang menghantui Balita kita di awal satu tahun pertama kehidupan mereka, seperti TBC, Campak, Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B, dan Haemophylus Influenza Type – B (Hib), bahkan pneumonia dan rotavirus pun ikut mengancam. Semua penyakit tersebut dapat dicegah dengan pemberian vaksin secara rutin dan tepat waktu.


Mayoritas masyarkat menganggap bahwa pemberian vaksin hanya diperuntukan bagi balita saja. Padahal, orang dewasa juga perlu mendapatkan perlindungan vaksin seperti vaksin Hepatitis B, Vaksin Flu, vaksin Tetanus, Vaksin Serviks, atau vaksin lainnya terutama vaksin untuk para penghobi traveling.


Check

 Periksakan kembali antibodi Anda. Hal ini merupakan langkah yang tepat ketika Anda ragu apakah sudah menerima vaksin atau belum, atau ketika Anda merasa antibodi suatu vaksin dirasakan sudah mulai menurun. Saat inilah Anda membutuhkan booster sebagai penguat dari vaksin yang telah diberikan ketika anda bayi / balita.


Protect

Ketika Anda dan keluarga sudah mengetahui vaksin apa saja yang dibutuhkan dan sudah memeriksakan status antibody Anda, kini saatnya menerima vaksin yang dibutuhkan tersebut. Anda dapat mengunjungi rumah sakit atau klinik pengobatan untuk mendapatkan vaksin yang diperlukan.


Dengan Slogan dan panggilan untuk bertindak agar tercapai kesehatan yang paripurna  untuk masa depan yang sehat.  Pesan menyeluruh diarahkan pada masyarakat : Dengan memastikan bahwa Anda dan keluarga up-to-date dengan vaksin yang Anda butuhkan, Anda memberikan diri kesempatan terbaik untuk masa depan yang sehat.  Mengapa Anda perlu mendapatkan vaksinasi ?  vaksin apa saja yang Anda butuhkan, bagaimana, di mana dan kapan Anda harus mendapatkan vaksinasi ? dimana Anda mendapatkan informasi tentang imunisasi ?


Sumber : biofarma