BERSAMA APOTEK K-24, CARA MEMBUKA USAHA APOTEK JADI LEBIH MUDAH

Kesehatan dan farmasi kini sudah masuk ke dalam kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, bidang ini cocok sekali untuk menjadi salah satu jenis usaha untuk Anda buka. Namun, bagaimana sih cara membuka usaha apotek? Apakah memerlukan langkah yang panjang?

Sebagai pemula di bidang bisnis, mungkin membuka usaha merupakan tantangan tersendiri. Sebab, Anda perlu berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman di bidang bisnis ataupun farmasi. Seperti yang kita tahu, membuka sebuah usaha tidak boleh sembarangan karena banyak sekali yang harus dipersiapkan matang-matang.

6 Cara Membuka Usaha Apotek

Sebenarnya untuk membuka usaha apotek, seseorang tidak harus lulusan dari farmasi. Kendati demikian, Anda harus memiliki wawasan tentang farmasi secara luas dan terbuka dengan berbagai isunya.

Oleh karena itu, untuk memulainya Anda perlu mengetahui bagaimana seluk beluk bisnis apotek. Berikut beberapa cara yang perlu dipersiapkan untuk bisa membuka usaha apotek:

Menentukan Lokasi Apotek

Survey lokasi yang cocok dan strategis untuk apotek sangat penting. Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait lokasi adalah pada pemukiman, mobilitas tinggi, hingga kemudahan akses transportasi. Lokasi sangat mempengaruhi bagaimana sebuah usaha akan berjalan nantinya.

Peluang Usaha di Lingkungan

Tidak hanya lokasi apotek, Anda juga harus melihat peluang usaha di lingkungan tersebut. Sebab, tidak cukup jika hanya memikirkan lokasi yang strategis. Melihat competitor yang ada di lokasi bisa menentukan apakah apotek bisa sukses atau tidak.

Persiapan untuk Perizinan

Cara membuka usaha apotek yang selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa perizinan, mulai dari izin pendirian hingga izin operasi. Mengurus perizinan ini ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain berbekal dokumen, Anda juga harus berkonsultasi dengan lawyer atau pihak yang ahli terlebih dahulu.

Selain dokumen-dokumen penting, setiap ingin membuka usaha pasti diperlukan proposal teknis yang sudah sesuai. Tidak hanya itu saja, masih ada izin praktik apoteker, SIP kefarmasian, dan surat permohonan. Proses ini sangat penting agar saat menjalankan usaha tidak ada halangan di tengah jalan.

Memilih Supplier Obat dan Alat Kesehatan

Apotek adalah sebuah usaha yang memperjualbelikan obat-obatan dan alat kesehatan. Maka dari itu, sebelum membuka usaha, Anda perlu mencari supplier obat yang sudah terdaftar di BPOM dan aman untuk masyarakat.

Memilih supplier obat juga tidak boleh sembarangan, sehingga Anda mungkin memerlukan waktu yang lama. Selain itu, supplier ini tentu tidak cukup jika hanya satu saja, apalagi kalau ingin mempunyai apotek yang lengkap.

Menyiapkan Peralatan Penunjang

Apotek tidak hanya membutuhkan obat-obatan dan alat kesehatan, Anda juga membutuhkan tempat untuk meletakkan produk. Oleh karena itu, cara membuka usaha apotek yang selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yang bisa menunjang, seperti etalase, rak, meja, kursi, dan lain sebagainya.

Menyiapkan Modal

Hal yang paling penting dipersiapkan untuk membuka usaha adalah modal. Sebab, untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan di atas tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, agar apotek bisa terwujud Anda harus menyiapkan modal dan rancangan bisnis.

Cara Membuka Usaha Apotek Bersama Apotek K-24

Itulah beberapa cara untuk membuka usaha apotek, banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Apabila langkah-langkah di atas terlalu panjang dan kompleks, maka ada pilihan lainnya, yaitu waralaba Apotek K-24.

Bersama Apotek K-24, Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk investasi karena perizinan hingga operasi sudah dibantu oleh tim apotek. Artinya, bergabung dengan waralaba Apotek K-24 dapat memudahkan Anda untuk membuka bisnis apotek. Sebab, untuk membuka bisnis waralaba Apotek K-24, Anda akan diminta untuk:

  • Mengisi enquiry form

  • Presentasi waralaba

  • Menandatangani MoU

  • Menentukan lokasi

  • Perjanjian waralaba

  • Pelatihan awal

  • Pra operasional

  • Pembukaan gerai

Artinya, tidak hanya mendapatkan brand apotek yang kuat, Anda juga sudah mendapatkan dukungan terpadu, seperti: pendirian gerai, rekrutmen dan pelatihan staf, IT software, strategi pemasaran, serta operasional.

Mudah sekali bukan? Yuk, jadikan Indonesia sehat bersama Apotek K-24, lewat:

Website: https://franchisek24.com/

Instagram: @franchisek24 atau @k24sobatsehatkitakita

Tiktok: @apotekk24official

 Hotline waralaba: 081212012424