RAYAKAN HARI PERSATUAN FARMASI INDONESIA 2023 BERSAMA APOTEK K-24!

Pada tanggal 13 Februari ini merupakan momen untuk merayakan Hari Persatuan Farmasi Indonesia 2023. Walaupun tidak masuk dalam hari libur nasional, momentum ini menjadi salah satu peringatan Hari Besar Nasional. Oleh karena itu, mari kenali lebih dalam mengenai sebenarnya apa itu farmasi dan bagaimana perannya di masyarakat.

Hari yang penting ini ternyata bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang ke-77. Secara umum, perayaan ini sebagai tanda perjuangan dalam memperbaiki kualitas dan menambah sumber daya manusia dalam bidang farmasi.

Sejarah Hari Persatuan Farmasi Indonesia

Secara historis, perayaan hari besar ini berawal sejak tahun 1946. Pada tahun tersebut berdiri sebuah organisasi yang menyatukan apoteker dan orang yang bekerja di bidang farmasi di seluruh Indonesia, yaitu PAFI. Momen besar ini dirintis oleh Zainal Abidin pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta.

Hal tersebut menjadikan PAFI sebagai organisasi profesi tertua yang ada di Indonesia. Organisasi ini dapat terbentuk dilatarbelakangi oleh jasa para apoteker sendiri. Bahkan, sebelum Indonesia merdeka pun para apoteker sudah membantu banyak masyarakat selama masa kolonial.

Oleh karena itu, adanya hari perayaan ini menjadi perantara untuk mengingat bagaimana jasa ahli farmasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan. Umumnya, farmasi adalah profesi kesehatan dengan berbagai kegiatan, seperti penemuan, pengembangan, produksi, peracikan, pengolahan, hingga informasi serta distribusi obat.

Ahli farmasi sendiri biasa Sobat Sehat kenal dengan sebutan apoteker. Oleh karena itu, PAFI adalah himpunan tenaga ahli farmasi Asisten Apoteker (AA) yang kini disebut dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Visi dan Misi Persatuan Farmasi Indonesia

Sebuah organisasi tentu tidak bergerak tanpa acuan yang jelas. Oleh karena itu, dalam perjalanan Hari Persatuan Farmasi Indonesia, terdapat visi dan misi yang menjadi tujuan hidup organisasi PAFI. Apa saja? Berikut adalah beberapa visi dan misi PAFI:

  • Mewujudkan masyarakat adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.

  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia.

  • Meningkatkan kesejahteraan anggota.

Selain memiliki tujuan yang jelas, PAFI sebagai organisasi profesi memiliki sifat kekaryaan dan pengabdian.

Merayakan dengan Apoteker di Apotek K-24

Itulah sejarah mengapa ada Hari Persatuan Farmasi Indonesia dan apa tujuan dari PAFI. Adanya hari peringatan ini berfungsi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa peran farmasi dan para apoteker ini sangat penting.

Sebab, mereka selalu mengawasi pemberian obat kepada pasien agar selalu aman untuk dikonsumsi. Apalagi jika negara sedang mengalami krisis dalam sistem kesehatan. Tidak hanya itu saja, peringatan hari farmasi juga dapat menyadarkan bahwa keahlian dan beban yang diemban oleh para apoteker itu sendiri sangat mulia.

Oleh karena itu, jika pada hari ini Sobat Sehat datang ke Apotek K-24, bisa ucapkan selamat kepada para apoteker di tempat. Selain ucapan selamat, Sobat Sehat juga bisa, lho, mengirimkan pesan atau semangat kepada apoteker di Apotek K-24.

Hal tersebut bisa menambah rasa semangat dan senang sehingga pekerjaan yang mereka jalani pun terasa ringan. Yuk, rayakan hari besar ini bersama para apoteker di Indonesia, khususnya Apotek K-24.

 Selamat Hari Persatuan Farmasi Indonesia 2023!